Apa Kegunaan Domain Untuk Bisnis Online? Di era digital saat ini, bisnis online menciptakan ladang pendapatan yang menjanjikan. Trend jual beli online bukan lagi sekedar trend “sementara” tetapi sudah menjadi kebutuhan. Belanja online sebenarnya terlalu mudah dilakukan, sehingga tidak heran banyak bermunculan merek-merek komersial online baru.

Apa Kegunaan Domain Untuk Bisnis Online?

vardenafil-buy-levitra – Namun bisnis online tidak lengkap jika tidak memiliki website. Ini seperti Anda memiliki toko tetapi tidak ada toko untuk menunjukkan apa yang Anda jual kepada pelanggan Anda. Jika demikian, konsumen Anda tidak mengerti atau tidak memiliki informasi yang cukup tentang produk yang Anda jual.

Contoh domain

Website tidak bisa dipisahkan dari domain. Nah, sudah tahu kan apa itu domain? Jika belum, simak artikel ini sampai selesai, karena di sini kita akan melihat domain dan karakteristik domain untuk bisnis online.

Definisi domain

Mungkin Anda pernah mendengarnya atau kebetulan mengunjungi toko online. Makanya namanya kalau hanya tokolala.com. Itu namanya domain lho, teman-teman Exabyte.

Baca Juga : Pengertian Web Hosting serta Fungsi dan Macam-macamnya

Domain adalah nama unik atau unik untuk mengidentifikasi server PC di Internet. Nama unik ini memudahkan pengguna atau pengunjung untuk login tanpa harus mengingat alamat IP server.

Domain memegang peranan yang sangat penting dalam bisnis online, lho. Nama domain dapat mewakili bisnis atau merek Anda. Plus, pembeli Anda dapat dengan mudah mengingat toko online Anda dengan nama domain yang unik. Cukup ketik nama domain situs web Anda tanpa menulis alamat IP yang rumit dengan angka.

Tahukah Anda bahwa ada ratusan ekstensi domain di seluruh dunia. Eits, masing-masing punya fungsinya sendiri lho. Jadi website atau pemilik bisnis tidak hanya memilih ekstensi domain.

Berikut jenis-jenis domain dengan levelnya masing-masing yang perlu Anda ketahui:

Top-level domain (TLD) adalah domain yang paling umum digunakan oleh bisnis atau perusahaan. Domain ini paling dikenal dan paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan yang lebih umum atau biasa disebut dengan Generic Top Level Domain (gTLD). Atau domain ini biasanya mewakili setiap negara atau disebut Country Top Level Domain (cTLD).

Contoh TLD adalah:

.com untuk tujuan komersial (komersial).
.co.id untuk toko resmi
.edu untuk pendidikan dan penelitian
.Mil untuk militer
.gov untuk pemerintah (non-militer)
.ac.id untuk akademisi
.net untuk layanan dukungan jaringan
.org untuk organisasi lain
.id untuk domain negara Indonesia
.us untuk domain negara Amerika
.sg untuk Domain Tanah Singapura
.uk untuk domain nasional Inggris Raya

Untuk bisnis online, domain yang direkomendasikan adalah domain .COM atau .ID guys. Hal ini dikarenakan domain .COM merupakan domain komersial terpopuler di dunia dan domain ID merupakan top level domain tertinggi di Indonesia.

Domain memiliki arti yang cukup signifikan lho untuk mengembangkan bisnis online. Jika seseorang telah memilih untuk melakukan bisnis online, seseorang harus beradaptasi dari konvensional ke online.

Mulai bagaimana Anda menjualnya, mempromosikannya hingga merek produk atau layanannya, jelas terlalu berbeda untuk datang secara offline. Itulah mengapa kita perlu beradaptasi dengan teknologi dan internet. Salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari memulai bisnis online adalah website.

Mengapa website dibutuhkan dalam bisnis online? Mungkin sebagian dari Anda masih menganggap tidak membutuhkan website untuk bisnis online. Namun pada kenyataannya, Anda sangat perlu memiliki website untuk usia pertama. Dan kita tidak lagi bisa mengandalkan media sosial sebagai media hanya untuk bisnis online.

Domain yang digunakan untuk aktivitas online

Selain sebagai identitas, domain lain juga beroperasi di bisnis online lho.

1. Masukkan identitas perusahaan secara online

Penggunaan pertama domain adalah sebagai identitas perusahaan online. Sebenarnya bukan hanya sekedar bisnis online, melainkan identitas dari pemilik website itu sendiri. Jika orang berikutnya adalah seorang blogger, domain menjadi identitas mereka. Bahkan dengan toko online.

2. Mudah diingat oleh pengunjung atau konsumen

Jika Anda sudah memiliki nama atau identitas perusahaan, pastikan nama selanjutnya mencolok atau mudah diingat. Hal ini agar dapat lebih mudah diingat oleh pelanggan Anda bahkan lebih sehingga tetap dalam pikiran mereka. Tentu saja, nama domain Anda dapat digunakan sebagai promosi dari mulut ke mulut atau menyebar ke teman lain untuk membeli produk di situs web Anda.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat QR Code untuk Toko Online Anda

3. Membangun citra profesionalisme

Gunakan domain di ikutan kalau punya dan nama game kamu cocok sama brand kamu, wah kelihatan profesional lho. Ini dapat mencerminkan merek dan meningkatkan reputasi karena tidak hanya merambah platform media sosial tetapi juga situs web. Ini adalah titik peningkatan kredibilitas yang dikenal oleh merek perusahaan Anda.

4. Meningkatkan kredibilitas

Jika Anda sudah memiliki situs web dan domain, Anda telah mendapatkan kepercayaan atau kredibilitas dari pelanggan Anda. Hal ini karena informasi yang diminta tentang produk atau layanan yang ditawarkan ditampilkan di situs web dan juga merupakan sarana berkomunikasi dengan pelanggan. Dengan cara ini, situs web dan nama domain yang Anda pilih dapat menciptakan kesadaran merek bisnis Anda.

5. Buat gambar yang unik

Dengan nama domain, Anda dapat membuat gambar untuk merek korporat unik Anda. Untuk apa? Karena nama domain tidak boleh sama satu sama lain. Jadi, selain memiliki fitur khusus, hal ini juga dapat mengurangi persaingan dengan kompetitor lain dan tidak ada nama domain yang sama.