Berikut Perbedaan Blog, Blogging dan Blogger Istilah blog sepertinya sudah tidak asing lagi di era teknologi modern. Banyak orang sudah mulai ngeblog, baik itu hanya sekedar hobi atau bahkan sebagai sumber penghasilan. Antara blogger, blogger dan blogger ketiganya memiliki hubungan satu sama lain. Jadi apa bedanya? Simak penjelasan perbedaannya di bawah ini!

Berikut Perbedaan Blog, Blogging dan Blogger

vardenafil-buy-levitra – Blog adalah sebuah situs yang berisi konten berupa informasi, opini, pengalaman atau apapun yang diposting secara tertulis pada sebuah website oleh penulis/pemilik blog.

Template blogging infographics. Concept for website banners and promotional materials. File is saved in AI10 EPS version. This illustration contains a transparency

Kata blog adalah singkatan dari weblog. Web itu sendiri mengacu pada situs web sementara log adalah catatan. Istilah weblog pertama kali digunakan pada tahun 1997 oleh Jorn Barger, yang pada saat itu mendefinisikan aktivitasnya di Internet sebagai “Logging the Web”.

Baca Juga : Apa Kegunaan Domain Untuk Bisnis Online?

Pada tahun 1999, Peter Merholz, seorang programmer, mempersingkat pentingnya weblog menjadi blog. Blog adalah tempat bagi para penulis untuk berbagi dan berkarya. Tidak seperti situs web, blog lebih dinamis karena penulis blog biasanya memperbarui posting mereka secara teratur. Isinya tidak sebatas tulisan, tetapi bisa juga berupa gambar, video, foto atau apapun yang ingin diunggah oleh penulis.

Di masa lalu, blog lebih banyak digunakan untuk individu. Namun dengan berkembangnya teknologi internet, blog kini juga semakin diminati. Banyak lagi kalangan, seperti organisasi dan perusahaan, menggunakan blog sebagai sarana promosi, memberikan informasi dan lain-lain.

Jenis blog

Dikelompokkan berdasarkan tujuan dan fungsinya, ada dua model blog, yaitu blog pribadi dan blog bisnis.

  1. Blog pribadi

Model blog ini untuk kepentingan pribadi penulis. Biasanya untuk berbagi cerita, pengalaman, opini, portfolio, dan lain-lain. Blog pribadi sering dibagikan dengan diary/buku harian pemilik blog dalam bentuk digital yang dapat diakses oleh siapa saja secara online.

2. Blog Bisnis

Membuat blog bukan hanya untuk keperluan pribadi. Seperti yang sudah disebutkan, blog juga bisa digunakan sebagai bahan promosi/pencarian pasar online. Ini adalah tugas blog bisnis untuk menghasilkan lalu lintas untuk toko online atau situs web perusahaan.

Karena sifatnya yang lebih dinamis, blog bisnis dapat menyediakan pembaruan konten secara berkala. Berbeda dengan website yang sifatnya lebih statis dan hanya menampilkan informasi produk. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan memilih untuk membuat blog untuk melengkapi situs web dan mengarahkan lalu lintas ke sana.

Baca Juga : Cara Setting Yoast SEO pada WordPress dengan Benar

Struktur Blog

Saat ini banyak sekali perkembangan blog dengan segala tambahan fitur dan widget didalamnya. Namun secara keseluruhan, blog biasanya memiliki struktur seperti ini:

  • Di bagian atas blog adalah tajuk bersama dengan menu di bilah navigasi
  • Wilayah anggota utama saat ini dibagikan dengan konten terbaru atau konten yang ditandai
  • Di sisi kanan atau kiri ada sidebar dengan profil pemilik blog, undangan seperti berbagi di media sosial (Call to action)
  • Penafian Footer atau Blog Informasi Kontak Informasi

Manfaat Blogging

Sebagai platform digital yang dapat dibuka di Internet, blog memiliki beberapa keuntungan bagi penulis dan pembacanya. Berikut adalah lebih dari sekedar manfaat dari blogging:

1. Platform Hobi

Bagi yang hobi menulis, blog bisa menjadi sarana yang tepat untuk menyalurkan hobi. Dengan blogging Anda dapat membuat pekerjaan Anda dapat diakses oleh khalayak luas.

Selain untuk menulis, blog juga bisa menjadi sarana menyalurkan hobi lainnya. Misalnya fotografi, musik, film, desain, memasak dan lain-lain. Anda dapat blog untuk berbagi foto, musik, ulasan film favorit Anda, portofolio desain grafis atau pengeditan video, hingga resep masakan.

2. Informasi tentang pertukaran media

Blog tidak hanya digunakan untuk menyalurkan hobi, tetapi juga untuk bertukar informasi. Anda dapat berbagi informasi tentang berbagai topik, khusus dan umum. Blog dapat digunakan sebagai alat penerbitan yang nyaman dan mudah.

3. Tunjukkan profesionalisme

Jika ada yang memiliki keahlian di bidang tertentu, mereka dapat membuktikan profesionalismenya melalui blog pribadi. Rekam jejak digital memiliki dampak besar pada semua orang saat ini. Tampil bersama dengan konten di blog yang masuk akal dan bermanfaat bagi audiens. Ini dapat digunakan untuk merek.

4. Media bisnis, iklan atau iklan

Saat ini blog sering digunakan untuk tujuan bisnis, sebagai alat promosi atau sebagai tampilan iklan. Khusus untuk banyak bisnis, blog dibuat untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web. Blog beserta tujuan content marketing dapat menarik pengunjung melalui kata kunci yang dicari oleh konsumen.

5. Hasilkan Uang

Anda dapat memonetisasi blog jika blog sudah berkembang. Blog yang dikembangkan harus terus menerus menghasilkan postingan dan tentunya sudah banyak pengunjungnya.