Membahas Pengertian Cloud Computing (Komputasi Awan)Jika cloud computing diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka bisa terbaca kata “cloud computing”, namun selama ini “mungkin” belum memiliki definisi ilmiah atau makna dasar yang akan mewujudkan konsep pengertian tersebut adalah membuat jaringan area lokal (LAN). juga di dunia (Internet), di mana terdapat banyak varian program, serta pembawa data dan data, yang dapat diakses dan digunakan untuk berbagi (shared service) dan simultan (akses simultan) oleh pengguna yang berbeda – dari individu hingga perusahaan atau kelas perusahaan pengguna.

Membahas Pengertian Cloud Computing (Komputasi Awan)

vardenafil-buy-levitra – Server umum akan dibatasi oleh jumlah inti CPU, hard disk, dan memori. Ketika kendala fisik ada, kita tidak bisa hanya membebani server normal dengan beban maksimum. Ketika sumber daya habis, kita biasanya perlu menginstal ulang semua program dan data di server berkapasitas lebih tinggi dan memindahkan semua program yang tersedia ke server baru. Menyiapkan server baru akan memakan waktu 1-2 hari, bahkan jika tidak ada masalah.
Menariknya, komputasi awan sangat berbeda dari server biasa

1. Secara fisik berupa sekumpulan perangkat keras/server yang terhubung dalam suatu jaringan (LAN/WAN). Namun di samping, pengguna dapat menganggapnya sebagai PC besar.
2. Tidak ada batasan ukuran prosesor, kapasitas hard disk, dan kapasitas memori.
3. Tidak ada batasan umum jumlah server host.
4. Hanya perlu beberapa menit untuk menambahkan “hosting”.
5. Jika ada kekurangan sumber daya, baik itu prosesor, hard drive atau memori, kami dapat dengan mudah menyediakan server tambahan dan mengintegrasikan langsung ke jaringan cloud. Butuh sekitar 20 menit untuk menginstal server integrasi cloud yang kosong/baru.

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain Website Untuk Bisnis

Cara kerja komputasi awan

Mekanisme akses cloud dapat diimplementasikan dalam berbagai cara, mulai dari akses LAN atau intranet standar dengan beberapa agen atau program klien hingga ekstranet dan akses Internet melalui browser yang terbuka di portal aplikasi cloud computing. . pemberi. Protokol aplikasi yang digunakan juga dapat berbeda-beda, namun hal ini tidak terlalu signifikan jika dilihat dari end user, dimana end user mengetahui sepenuhnya cara membuka dan menggunakan layanan yang terdapat pada cloud computing.

Beberapa di antaranya, seperti komputasi awan
Komputasi awan tidak benar-benar baru, kami benar-benar menggunakan konsep ini, tetapi belum berkembang. Berikut ini adalah contoh penggunaan sistem komputer online:

Baca Juga : Ragam Inovasi Smartphone Flagship untuk Menyambut Era 5G

1. Portal Internet yang memiliki banyak layanan umum (aplikasi), dari e-mail (e-mail), forum diskusi) dan penyimpanan dokumen serta media yang terlalu luas untuk mekanisme pertukaran dokumen (misalnya 4shared, indowebster, mediafire), dll), layanan blog, dll. Semuanya disediakan di satu tempat.
2. Perangkat lunak sebagai layanan atau layanan SaaS berasal dari berbagai penyedia TI terkemuka – mulai dari layanan pemindaian virus online hingga layanan pemindaian spam dan banyak lagi. Artikel ini secara sederhana dapat dikatakan sebagai layanan cloud computing dimana Anda dapat membuka dan menggunakannya secara bersamaan.
3. Dasar-dasar cloud computing juga bisa merujuk pada point of sale atau aplikasi POS untuk kasir di supermarket dengan menggunakan metode Terminal Service.