Perbedaan Antara Dedicated, Shared, dan VPS Hosting – Saat berbelanja web hosting, Anda mungkin mendapati diri Anda mempertimbangkan perbedaan antara Hosting Khusus, Hosting Berbagi Pakai, atau Hosting VPS.

Perbedaan Antara Dedicated, Shared, dan VPS Hosting

vardenafil-buy-levitra – Pada artikel ini, kami akan mengeksplorasi beberapa perbedaan ini dan mendiskusikan apa artinya bagi pengalaman hosting web Anda.

Hosting Bersama vs Hosting Khusus

Apa itu hosting bersama?

Melansir inmotionhosting, Hosting bersama, juga disebut sebagai hosting virtual, adalah cara untuk meng-host situs web Anda di satu server fisik yang juga menghosting situs tambahan. Di dalam server, terdapat aplikasi perangkat lunak yang memudahkan pengelolaan dan pengaksesan situs web Anda.

Baca juga : 5 Manfaat dari Hosting Server

Lingkungan shared hosting seperti berbagi jalan raya dengan mobil lain. Ratusan bahkan ribuan pengguna dapat berbagi server yang sama, yang berarti mereka juga membagi biaya. Platform “kolektif” ini menjadikan shared hosting sebagai opsi paling murah dan populer dari semua pengaturan web hosting. Banyak blogger, pemula, dan usaha kecil menggunakan shared hosting untuk meng-host situs web mereka karena sangat mudah untuk memulai.

Biaya shared hosting tergantung pada tingkat layanan yang disediakan oleh web host. Umumnya, Anda dapat mengharapkan untuk membayar $ 1 hingga $ 20 per bulan untuk ruang di server bersama.

Server bersama mirip dengan komputer karena mereka memiliki ruang hard drive, unit pemrosesan pusat (CPU), dan RAM. Sumber daya ini dibagikan dengan pengguna lain yang dihosting oleh server. Ini memungkinkan untuk menyimpan semua file, data, dan informasi yang tersimpan dengan aman di situs web Anda.

Ketika seseorang meminta akses ke situs web Anda dari komputer mereka, data yang tersimpan di situs web Anda dikirim dari server ke pengguna internet. Hosting bersama memanfaatkan utilitas optimal server, karena setiap situs web menghasilkan jumlah lalu lintas yang berbeda, pada waktu yang berbeda.

Seperti yang dinyatakan, memanfaatkan server bersama seperti berbagi jalan raya. Anda membayar pajak untuk memelihara jalan raya, sama seperti Anda membayar biaya bulanan yang kecil untuk menggunakan hosting bersama. Karena banyak orang berkontribusi pada biaya, harga individu untuk pengguna tetap rendah.

Jika Anda mengharapkan lalu lintas rendah hingga sedang di situs web Anda, maka paket hosting bersama adalah pilihan yang fantastis, karena terjangkau dan nyaman. Namun, seperti halnya banyak mobil di jalan raya yang dapat menyebabkan kemacetan, situs web Anda dapat mengalami sedikit perlambatan jika sumber daya komputasi yang Anda bagikan dengan orang lain diarahkan ke situs web yang mengalami volume lalu lintas yang luar biasa tinggi.

Biasanya, perusahaan hosting web terkemuka seperti Domain.com dapat dengan mudah mendukung sebagian besar halaman web dengan risiko masalah kecepatan yang sangat kecil. Jika lalu lintas ke situs Anda meningkat secara konsisten, Anda selalu dapat meningkatkan ke paket tingkat yang lebih tinggi.

Apa itu hosting khusus?

Hosting khusus berarti situs web Anda dihosting di satu server yang didedikasikan khusus untuk situs web Anda. Ini memotong persaingan sumber daya yang terkait dengan hosting bersama, dan menghasilkan kinerja situs web yang lebih kuat.

Jika shared hosting seperti bus umum, maka dedicated hosting seperti menyewa mobil Anda sendiri. Anda memiliki kontrol lebih besar ke mana Anda membawa mobil Anda, seberapa cepat ia melaju, dan stasiun radio apa yang diputar. Namun, itu juga datang dengan biaya yang jauh lebih tinggi, dan membutuhkan lebih banyak pengetahuan untuk mempertahankannya. Hosting khusus memiliki kelebihan dan kekurangan yang sangat mirip.

Dengan solusi hosting khusus, tidak ada berbagi server yang terlibat yang berarti tidak ada efek tetangga yang buruk. Semua kekuatan pemrosesan, memori, dan ruang disk server Anda dapat dikomit ke situs web Anda. Selain itu, tidak ada pengguna lain yang dapat mengekspos situs web Anda ke ancaman dunia maya atau menyebabkan alamat IP server Anda masuk daftar hitam.

Hosting khusus memungkinkan penyesuaian ekstensif, memberi Anda kemampuan untuk mengoptimalkan pengaturan server Anda. Ini juga memberi Anda akses root sehingga Anda dapat memodifikasi kode perangkat lunak. Konfigurasi server umumnya dinilai ketika sebuah situs web membutuhkan aplikasi khusus.

Tidak mengherankan bahwa sumber daya dan kontrol yang lebih besar datang dengan biaya yang lebih besar. Menyewa server khusus dapat berjalan antara $60 dan $350+ per bulan, tergantung pada seberapa terlibat penyedia hosting dengan pemeliharaan dan keamanan. Biasanya situs web yang mengumpulkan lalu lintas yang membutuhkan sumber daya server khusus cukup menguntungkan untuk membeli hosting khusus.

Keterbatasan lain dari solusi hosting khusus adalah memerlukan pengetahuan teknis tingkat tinggi, terutama jika Anda ingin memanfaatkan kemampuan penyesuaian. Jika teknologi bukan keahlian Anda, Anda dapat menyewa admin server, atau membeli paket yang menyertakan dukungan manajemen, namun ini menambah biaya Anda.

Karena sebagian besar pemeliharaan server diserahkan kepada Anda, beban baru diperkenalkan. Anda bertanggung jawab untuk memperbarui dan memasang tambalan ke server khusus Anda, yang dapat mengurangi tanggung jawab Anda yang lain.

Ada sejumlah faktor yang memengaruhi biaya dan nilai Hosting Khusus dibandingkan dengan Hosting Berbagi Pakai. Di bawah ini adalah beberapa contoh bagaimana dedicated server berbeda dari shared server.

Kinerja Server
Salah satu kelemahan potensial dari shared hosting adalah server berbagi sumber daya di semua pengguna yang bertempat di dalamnya. Ini terkadang dapat menyebabkan situasi “tetangga yang berisik” di mana pengalaman hosting Anda berkurang oleh tindakan intensif sumber daya dari pengguna lain di server yang sama.

Sebaliknya, server khusus akan memiliki waktu respons yang lebih cepat dan keandalan yang lebih besar karena tidak terpengaruh oleh operasi pengguna lain di server.

Kustomisasi
Layanan shared hosting harus membatasi perangkat lunak yang diinstal oleh banyak pengguna. Jika tidak, sesuatu yang berbahaya dapat diunggah yang dapat memengaruhi keamanan server Anda. Skrip yang rusak dapat menyebabkan setiap situs di server down. Di sisi positifnya, lebih sedikit penyesuaian berarti kurva belajar yang jauh lebih mudah.

Sebuah dedicated server memberi Anda lebih banyak ruang untuk menyesuaikan. Anda dapat menginstal perangkat lunak yang dioptimalkan yang memenuhi persyaratan perusahaan dan pelanggan Anda tanpa khawatir tentang pembatasan atau memengaruhi situs web perusahaan lain.

Keamanan Server
Jika orang lain di server bersama Anda mengalami peretasan, server Anda dan semua situs di dalamnya dapat mengalami penurunan kinerja. Selain itu, keamanan situs Anda dapat dikompromikan, terutama jika Anda mengizinkan transaksi keuangan di situs Anda atau menyimpan informasi pribadi pelanggan.

Pada server khusus, Anda tidak perlu khawatir tentang pengguna lain yang membahayakan seluruh server. Selain itu, Anda dapat meningkatkan keamanan Anda dengan menginstal firewall perangkat keras dan perangkat lunak serta alat keamanan canggih yang memerlukan akses tingkat root yang tidak tersedia di platform hosting bersama.

Hosting VPS vs Hosting Khusus

Apa itu Hosting VPS?

Web hosting mengacu pada server yang meng-host situs web. VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, yang merupakan server web hosting. Ini bertindak sebagai pusat penyimpanan untuk file dan data untuk situs web. VPS menjalankan sistem operasinya sendiri di mana pelanggan dapat memiliki akses superuser untuk menginstal perangkat lunak apa pun yang berjalan pada Sistem Operasi tersebut. Jadi kita dapat meringkas VPS sebagai server yang berjalan di dalam server lain di mana satu server fisik menampung beberapa server virtual yang terisolasi satu sama lain.

Pengguna dedicated server tidak berbagi sumber daya dengan orang lain, dan itu datang dengan harga tinggi karena pemilik harus membayar biaya seluruh server. Sedangkan pengguna server shared hosting menggunakan sumber daya bersama di antara pengguna, dan harganya terjangkau. VPS hadir di antara shared hosting dan dedicated hosting, di mana ruang virtual tertentu dialokasikan untuk pengguna tertentu sehingga pengguna mendapatkan CPU, sistem operasi, dan penyimpanannya sendiri. Dengan VPS, pengguna mendapatkan hak istimewa dari dedicated server hemat biaya.

VPS adalah perantara antara server hosting bersama dan dedicated, yang ditempatkan pada satu komputer yang melayani beberapa situs web. Sebuah server tunggal dibagi menjadi beberapa kompartemen untuk membentuk beberapa server virtual dan menyediakan lingkungan khusus untuk semua pengguna dengan akses root ke server pribadi mereka. Server VPS menawarkan skalabilitas dan dapat dikonfigurasi untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis pengguna individu dengan kemampuan untuk menambahkan sumber daya baru. Selain itu, pengguna akan dapat menjalankan beberapa sistem operasi virtual pada satu mesin. Dalam hal ini, pengguna menikmati perangkat lunak independen saat menggunakan perangkat keras umum, termasuk RAM dan CPU.

Di VPS, pengguna memiliki kendali atas aplikasi mereka sendiri, yang dilengkapi dengan bonus tambahan biaya server bersama dengan pengguna lain. Ini menyediakan akses root dengan manfaat ruang disk, CPU, dan bandwidth. Ini menjalankan proses yang terisolasi di dalam server web.

Meskipun ada banyak perbedaan halus antara hosting VPS dan hosting server khusus, berikut adalah beberapa contoh perbedaannya.

Kecepatan
Sementara pengguna pada platform VPS dipartisi ke dalam lingkungan virtual terpisah, mereka semua masih berbagi perangkat keras fisik yang sama dan hanya dapat mengakses sebagian kecil dari total sumber daya sistem.

Di hosting khusus, semua sumber daya sistem tersedia untuk pengguna secara default. Memiliki akses ke sumber daya ini meningkatkan waktu pemuatan halaman dan meningkatkan respons situs web. Penting untuk diingat bahwa semakin cepat halaman dimuat, semakin besar kemungkinan pengunjung akan tetap berada di situs Anda.

Harga
Secara umum, hosting VPS akan jauh lebih murah daripada paket khusus apa pun. Pengurangan biaya ini disebabkan oleh sifat bersama dari hosting VPS. Ini penting untuk diingat ketika mempertimbangkan anggaran hosting web Anda.

Hosting khusus, sebaliknya, bisa sangat mahal karena biaya perangkat keras dan operasi pusat data. Untuk alasan ini, dedicated server paling cocok untuk aplikasi skala besar seperti bisnis eCommerce.

Skalabilitas
Ketika datang untuk memperluas situs Anda atau meningkatkan jumlah penyimpanan yang Anda butuhkan, VPS seringkali merupakan solusi yang unggul. Karena platform VPS dikelola secara virtual, meningkatkan penyimpanan Anda dapat dilakukan dengan mengalokasikan sumber daya tambahan dari kumpulan memori yang ada.

Dengan hosting khusus, Anda perlu menambahkan drive tambahan secara fisik ke server. Ini membutuhkan uang dan waktu dan dapat menyebabkan downtime di situs Anda saat perangkat keras dipasang.

Masih tidak yakin apakah Hosting Khusus cocok untuk Anda? Pelajari lebih lanjut tentang penggunaan hosting khusus, pentingnya lokasi pusat data, dan aspek yang perlu dipertimbangkan saat ingin meningkatkan hosting Anda.